Bandung Kampong Adat

LIZA NOVITASARI 201520417 PROGRAM STUDI MANAJEMEN DESTINASI PARIWISATA JURUSAN KEPARIWISATAAN. DATA KAMPUNG ADAT DI JAWA BARAT 1.


Rumah Kampung Naga House Styles House Decor

Kampung Cikondang Lokasi.

Bandung kampong adat. Bandung - Tradisi Wuku Taun dan Mapag Taun berlangsung akhir pekan lalu di Kampung Adat Cikondang Kabupaten Bandung. Pendiri Kampung Mahmud adalah Embah Eyang Abdul Manaf keturunan dari Syarif Hidayatuliah seorang wali yang berasal dari Cirebon. Secara turun-temurun masyarakat Kampung Cikondang masih teguh memegang adat istiadat leluhur.

Kampung Adat Cikondang tempat wisata yang di jadikan kebudayaan daerah masyarakat di Pangalengan Bandung Jawa BaratCikondang adalah nama sebuah kampung di lereng Gunung Tilu yang nyaman dan damai. Kampung Cikondang merupakan sebuah kampung adat yang terletak di kaki Gunung Tilu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Di Kampung Adat Cikondang Bandung ini terlihat pemandangan rumah bergaya arsitektur sederhana dengan deretan rumah kayu yang berbentuk panggung.

Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Pola Permukiman. Ilin berujar pada saat peristiwa itu ratusan orang mengungsi ke Kampung Adat Cikondang. Kampung Mahmud mempunyai jumlah penduduk sekitar 200 kepala keluarga yang menempati daerah seluas 4 hektar dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani.

Ada beberapa kampung adat yang bisa dikunjungi di antaranya Kampung Cikondang Kampung Mahmud dan Kampung Cireundeu. Kawasan Kampung Adat Cikondang pernah menjadi tempat pengungsian warga Bandung saat peristiwa Bandung Lautan Api. Kampung adat ini adalah kampung bersejarah yang dihuni 200 kepala keluarga di area seluas 4 hektar dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani.

Bila menggunakan kendaraan umum Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Cicaheum jurusan Garut hingga alun-alun Kecamatan Leles. Kampung adat pertama yang wajib dikunjungi adalah Kampung Adat Baduy. Tradisi ini merupakan wujud ungkapan syukur kepada Sang Pencipta dengan cara merawat alam sekitar terutama mata air yang menjadi sumber kehidupan.

Menilik asal-usul katanya Cikondang berasal dari dua kata yakni ci yang merupakan kependekan dari kata cai air dan kondang yakni. KAMPUNG ADAT URUG KECAMATAN SUKAJAYA KABUPATEN BOGOR PROYEK AKHIR Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan perkuliahan diploma IV di Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata MDP Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Disusun Oleh. Kampung Mahmud Kampung Mahmud berada di Desa Mekar rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Upacara adat tasakur binimah Wuku Taun dan Mapag Taun warga Kampung Adat Cikondang berjalan dengan lancar. Kita bisa bayangkan sudah berapa lama usia rumah adat yang menjadi tempat wisata unik di Bandung ini. Bandung Klik Jika umumnya makanan pokok masyarakat Jawa Barat dan Indonesia adalah nasi beras lain halnya dengan masyarakat di Kampung Adat Cireundeu.

Lokasi Kampung Adat Cikondang Bandung. Jarak dari Kota Bandung ke Kampung Adat Cikondang ini sekitar 38 Kilometer sedangkan dari pusat Kecamatan Pangalengan sekitar 11 Kilometer. Kampung Mahmud berada di Desa Mekar rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Perayaan tersebut berlangsung sehari pada tanggal 15 Muharam 1439 Hijriah 7. Rumah-rumah tinggal berkelompok di lereng bukit dan di level paling tinggi sebelah selatan pemukiman penduduk. Rural ICT Camp 2021 sendiri adalah bagian.

Berada di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Banten Suku Baduy terkenal karena masih memegang teguh adat leluhur di tengah era digital ini. Kampung Adat Cikondang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang menarik perhatian wisatawan. Pola permukiman masyarakat di Kampung Cikondang adalah mengelompok.

Upacara Adat Nuras Cai Warga Kampung Nenggeng Desa Citaman Nagreg Bandung masih melaksanakan upacara adat Nuras Cai. Program ini akan menitikberatkan literasi dan edukasi pemanfaatan internet bagi warga Kasepuhan Ciptagelar. Masyarakat setempat menjadikan rasi sebagai makanan utama sehari-hari.

Kampung Adat Cikondang Terletak di desa Lamajang kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung kampung ini hanya berjarak 38 km dari pusat kota Bandung. Kampung adat ini adalah kampung bersejarah yang dihuni 200 kepala keluarga di area seluas 4 hektar dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Di kawasan Bandung pun terdapat kampung adat yang hingga sekarang masih terpelihara.

Kampung Adat Mahmud Pusat Penyebaran Islam di Bandung Minggu 15 Desember 2013 1243 WIB Maqom Mahmud Desa Mekar Rahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung. Jarak dari ruas jalan Bandung-Pangalengan yang berada di wilayah Kampung Cibiana ke Kampung Cikondang satu kilometer. Sahabat travelers Tempat Wisata di Bandung selatan yang menarik Kampung Adat Cikondang secara administratif tempatnya masuk di dalam wilayah Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung jawa barat.

Konon rumah-rumah tersebut sudah berdiri sekitar 300 tahun yang lalu. Jarak dari ruas jalan Bandung-Pangalengan yang ada di lokasi Kampung Cibiana ke Kampung Cikondang sekitar 1 km. Pasalnya kampung yang terletak di Desa Lamajang Pengalengan Bandung ini sangat memegang teguh adat Sunda.

Ada santapan khusus yang disajikan di sana. Dari Kota Bandung ke arah Selatan melewati Kecamatan Banjaran dan Kecamatan Cimaung. Dari Kota Bandung kampung adat dapat ditempuh ke arah Selatan melalui Kecamatan Banjaran serta Kecamatan Cimaung.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Kampung Adat Cireundeu. Kesuksesan Kampung Adat Cireundeu sebagai wisata Bandung terbukti dengan diraihnya penghargaan Ikon Apresiasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP di tahun 2019. Mayoritas warga Kampung Cikondang adalah petani.

Dari cerita leluhur dan yang telah beredar Kampung Cikondang adalah mata air yang ditumbuhi pohon besar atau Kondang. Letak Kampung Pulo berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Garut.


Pin Di Budaya Indonesia


Rumah Adat Sunda Di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Garut Jawa Barat Rumah Rumah Pedesaan Rumah Megah


LihatTutupKomentar